Atasi Kesepian Pernikahan Tanpa Anak dengan Cara Kristen, Pejuang Garis Dua Semangat Terus
Sumber: canva.com

Relationship / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

Atasi Kesepian Pernikahan Tanpa Anak dengan Cara Kristen, Pejuang Garis Dua Semangat Terus

Claudia Jessica Official Writer
2718

Fakta bahwa Anda tidak memiliki anak dan tidak bisa mengandung, tentu sangat menyakitkan. Berbagai emosi pun Anda rasakan, mulai dari sedih, frustasi, malu, marah, bahkan Anda mungkin juga akan merasa kesepian.

Bagi wanita yang ingin menjadi ibu, tidak memiliki anak adalah luka yang sangat menyakitkan. Bahkan sebagian wanita yang tidak dapat melahirkan anak sering kali memilih alternatif untuk mengisi kekosongannya dengan menjadi seorang pengasuh, mengadopsi anak, dan berbagai macam cara lain yang membuatnya merasa menjadi seorang ibu.

Namun di masa-masa rentan seperti ini, tidak sedikit wanita yang mendengar bisikan seperti, “Jika aku tidak bisa melakukan tugas dasar seorang wanita (mengandung dan melahirkan anak), apa gunanya aku hidup?”

Mungkin juga ada yang berpikir, “Tuhan merancang tubuh saya untuk menggenapi mandatnya dalam ‘berbuah dan bertambah banyak’. Untuk apa aku hidup jika tidak bisa melakukannya?”

Tahukah Anda bahwa peran terbesar seorang wanita itu tidak harus menjadi seorang ibu? Benar, menjadi wanita tidak mengharuskan Anda untuk menjadi seorang ibu, melainkan untuk memuliakan Tuhan dengan seluruh hidup kita dalam keadaan apa pun.

 

BACA JUGA: Apakah Anda Pejuang Garis Dua? Begini Cara Lewati Masa Penantian Akan Keturunan...

 

Di tengah rasa sedih karena tidak memiliki anak, bangkitkanlah kembali semangat Anda dan dapatkan penghiburan! Lakukan 6 cara berikut ini:

1. Berpegang teguh pada janji Tuhan

Menggenggam janji Tuhan adalah satu-satunya hal terpenting yang harus kita lakukan dalam menghadapi masa-masa sukar ini. Anda bisa memulainya dengan menghafalkan firman Tuhan yang memberitahu siapa Tuhan dan apa yang akan Dia lakukan dalam hidup Anda.

Misalnya seperti Mazmur 34:19, yang berbunyi, “TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”

Tanamkan Firman Tuhan ini ke dalam hati Anda, sehingga ketika Anda menghadapi situasi yang sulit, Anda sudah dipersenjatais dengan kebenaran dan dapat mengingat janji-janji Tuhan.

2. Baca buku tentang penderitaan

Jika Anda tidak bisa menemukan buku tentang topik hidup tanpa anak, Anda bisa mulai mencari buku tentang penderitaan.

Melarikan diri dari penderitaan yang Anda alami karena tidak memiliki anak tidak akan pernah membuat Anda merasa lebih baik.

 

BACA JUGA: Bagaimana Jika Tak Kunjung Hamil?

 

Dengan membaca buku tentang penderitaan, Anda mungkin akan menemukan kekuatan dari pengalaman orang lain. Mungkin Anda akan merasa bahwa Anda tidak sendirian, Anda bukan satu-satunya yang mengalami hal buruk.

Sekalipun kesedihan yang mereka alami mungkin berbeda dengan Anda, mungkin Anda akan merasa lebih terhibur ketika mengetahui bahwa Tuhan memahami rasa sakit mereka.

Beberapa buku yang dapat Anda baca tentang topik ini adalah: A Sacred Sorrow oleh Michael Card, A Grief Observed oleh CS Lewis, Walking with God Through Pain and Suffering oleh Tim Keller, dan Suffering and the Sovereignty of God oleh John Piper.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : christianitytoday.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami